masukkan Film disini

Selasa, 14 April 2009

Review - Slumdog Millionaire


Namaste...

Film India yang satu ini tidak menyuguhkan tarian atau nyanyian seperti kebanyakan film Bollywood lainnya. Film ini layak ditonton dan ceritanya juga lumayan bagus., karena sebenarnya film ini pergerakan Bollywood to Holywood. Film besutan Danny Boyle ini bahkan berhasil masuk 10 nominasi academy award AKA oscar termasuk untuk kategori film terbaik.


Film yang diadaptasi dari novel Q&A karya penulis India, Vicas Sward, ini berhasil meraih beberapa penghargaan berharga lainnya seperti di Golden Globe, Critical Coice Award, dll. Coba aja deh serch di wikipedia, banyak bgt penghargaanya. Inti dari ceritanya adalah kisah percintaan romantis antara Jamal Malik (Dev Patel) & Latika (Freida Pinto). 2 anak manusia yang lahir di daerah kumuh (slum) di daerah mumbai. Kalo review kompas sih mengatakan kalo film ini sebenarnya ingin memotret kehidupan urban di daerah India. Potret kemiskinan ditampilkan secara gamblang dan nyata. Belakangan hal inilah yg membuat film ini kurang mendapat dukungan dari masyarakat India sendiri. Bahkan sampai di-demo segala tuh di India..

Tapi sebenarnya menurutku, film ini bercerita tetang harapan. Bagaimana Jamal berusaha menemukan cintanya Latika yg terpisah sejak lama setelah adanya "Chaos" di Mumbai. Satu-satunya cara yg nongol di pikirannya yang polos adalah dengan mengikuti kuis "Who Wants to Be A Millionaire" yang memang pada saat itu adalah acara paling populer di India. Dengan mengikuti kuis itu, dia berharap pujaan hatinya bisa melihatnya di TV dan bisa menghubunginya. Namun tak disangka ternyata Jamal yang sehari-hari bekerja sebagai OB (Chaiwala) di sebuah call center perusahaan telekomunikasi di India berhasil menjawab semua pertanyaan sampai mendapat hadiah tertinggi 20.000.000 rupees.

Walaupun film India tetapi aktor yang dipilih untuk memerankan Jamal bukan Asli Bollywood. Dev Patel adalah Aktor keturunan India kelahiran Inggris yang sudah populer di layar kaca Britania Raya melalui drama seri "Skins". Tapi jangan diragukan dulu ke-India-annya. Bermodalkan sedikit investigasi ke daerah Mumbai, Dev berhasil memerankan sosok Jamal dengan sangat apik. walaupun sebenarnya agak sedikit miss sih disini. Secara tampangnya kurang cocok dengan anak jalanan. he he...
Bagi Frida Pinto (pemeran tokoh Latika) sendiri, ini merupakan pengalaman pertama acting untuk film. Gadis kelahiran Mumbai ini sehari-hari berprofesi sebagai model. Tapi tetap aja kualitas actingnya tidak kalah dengan senior-seniornya..
Alur yang tertata dengan rapi dan disusun sangat detil membuat film ini layak diperhitungkan di dunia perfiliman. Bahkan tidak mungkin jika nantinya film ini akan keluar sebagai pemenang di Academy Awards untuk kategori film dan sutradara terbaik. Satu yang unik di film ini adalah bahwa tokoh yang dipilih untuk memerankan versi anak-anak dari Salim (kakaknya Jamal), Latika, dipungut langsung dari daerah Slum (kumuh) di Mumbai. Hasilnya adalah peran yang dimainkan secara natural dengan baik. Bukan sekedar diberi bayaran tapi mereka disekolahkan dan diberikan tabungan yang baru bisa diambil sampai mereka berumur 16 tahun. Ide yang bagus kan. (I Still wonderring, kira-kira anak-anak pemain Laskar Pelangi dibayar gitu juga gak ya, secara mereka kan emang diambil dari pedalaman bitung sana...)
So jangan sampai ketinggalan dengan Euphoria "Slumdog Miliionare" ya... dah mulai rame tuh diputar di BlitzMegaplex. Don't miss it guys...

0 komentar:

Posting Komentar